Home Berita Pekan Depan Buruh Akan Lakukan Demo Dugaan Korupsi BPJS Ketenagakerjaan

Kamis, 11 Februari 2021, 13:50 WIB

Pekan Depan Buruh Akan Lakukan Demo Dugaan Korupsi BPJS Ketenagakerjaan

Pekan Depan Buruh Akan Lakukan Demo Dugaan Korupsi BPJS Ketenagakerjaan

(Foto/istimewa)


Jakarta, FSPKEP.OR.ID -- Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menyebut elemen buruh dari Serikat Pekerja Nasional (SPN) akan melakukan aksi unjuk rasa terkait dugaan korupsi yang dilakukan BPJS Ketenagakerjaan.

"Aksi besaran-besaran akan digelar dalam waktu dekat walaupun pandemi corona. Tapi anggota KSPI yaitu Serikat Pekerja Nasional mungkin esok akan menggelar aksi di Kemenaker," kata Said dalam konferensi pers, Rabu (10/2).

Belakangan aksi itu ditunda menjadi pekan depan. Tak hanya menggelar aksi, Said juga mendesak Komisi IX DPR RI untuk membentuk panitia khusus (pansus) terkait dugaan korupsi investasi di saham BPJS Ketenagakerjaan.

Ia menilai pansus bisa mencakup semua komisi di DPR sehingga efektif menindaklanjuti dugaan tersebut.

"Kalau Pansus bisa meluas. Bisa ke Komisi III, dan lainnya. Membentuk Pansus tentang BPJS Ketenagakerjaan ini potensinya kerugiannya bisa mencapai Rp43 triliun," kata dia.

Said menduga ada penempatan dana di saham 'bodong' yang dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Ia mengatakan Dewan BPJS Ketenagakerjaan selama ini tak mendapatkan informasi secara jelas terkait penempatan investasi BPJS Ketenagakerjaan.

Informasi itu hanya didapat langsung dari pengakuan Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan.

"Misalnya blue chip dan non blue chip. Dasar pertimbangannya apa, tidak pernah dijelaskan," ucap Said.

Sekjen SPN Ramidi mengatakan pihaknya akan mengajukan tuntutan kepada Kemenaker tentang penegakan hukum di sektor ketenagakerjaan yang selama ini terjadi pembiaran oleh para pengawas.

Ia mengatakan proses pembiaran itu terkait dengan PHK tanpa pesangon hingga Tunjangan Hari Raya (THR) yang tidak dibayarkan.

"Hingga upah di bawah ketentuan upah minimum, dan pembiaran atas pelanggaran pelaksanaan jaminan sosial," kata Ramidi.

 

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210210202815-20-604945/buruh-demo-dugaan-korupsi-bpjs-ketenagakerjaan-pekan-depan

 

 

Bagikan

 

 


Baja Juga
Besok Bakal Ada Demo Buruh Susulan di MK
FSP KEP-KSPI Akan Gelar Aksi di Kejaksaan Agung dan BPK RI
Buruh Minta Pengusaha Tidak Mencicil THR Lebaran 2021
BLT Subsidi Gaji 2020 Masih Menyisakan Permasalahan