PUK SP KEP-KSPI PT. Young Tree Industries Menangkan Gugatan Melawan Gubernur Jawa Timur

Jawa Timur | Buruh yang tergabung dalam Serikat Pekerja Kimia, Energi, Pertambangan Minyak, Gas Bumi dan Umum (SP KEP KSPI ) PT. Young Tree Industries menangkan gugatan terhadap SK penangguhan Gubernur Jawa Timur NO: 188/025/KPTS/013/201 Tentang Pelaksanaan Penangguhan Upah Minimum Jawa Timur.

Dalam sidang gugatan perkara NO : 44/D/2019/PTUN Sby hari ini telah memasuki agenda pembacaan putusan majelis hakim.

Sidang yang dipimpin oleh Hakim Ketua Hari Hartono Setyo Nugroho, dan dua hakim anggota lainya.

Dalam sidang Majelis Hakim memutuskan :

a. Mengabulkan permohonan penundaan pelaksanaan putusan objek sengketa.

b. Mewajibkan kepada tergugat untuk menunda pelaksanaan putusan tata usaha negara yang dikeluarkan tergugat berupa Surat Putusan Gubernur Jawa Timur No : 188/25/KPTS/013/2019 Tentang Pelaksanaan Penangguhan Upah Minimum Kab./Kota di Jawa Timur 2019 tanggal 21 Januari 2019 sebatas hanya yang ditujukan kepada PT. YOUNGTREE INDUSTRIES yang beralamat di Jl. Banar 07/02 Ketimang Wonoayu Kab. Sidoarjo.

c. Menyatakan penundaan pelaksanaan putusan objek sengketa ini berlaku sejak putusan ini diucapkan sampai dengan adanya putusan pengadilan yang mempunyai kekuatan hukuk tetap kecuali ada putusan atau ketetapan lain dikemudian hari.

Dalam eksepsi menyatakan eksepsi tergugat dan penggugat ditolak untuk seluruhnya dalam pokok sengketa :

a. Mengabulkan gugatan para penggugat untuk seluruhnya.

b. Menyatakan bahwa keputusan tata usaha negara yang dikeluarkan oleh tergugat berupa Surat Keputusan Gubernur Jawa Timur No : 188/25/KPTS/013/2019 tentang Penangguhan Pelaksanaan Upah Minimum Kab./Kota di Jawa Timur 2019 tanggal 21 Januari 2019 sebatas hanya yang ditujukan kepada PT. YOUNGTREE INDUSTRIES yang beralamat di Jl. Banar 07/02 Ketimang Wonoayu Kab. Sidoarjo.

c. Mewajibkan kepada tergugat untuk mencabut keputusan tata usaha negara yang dikeluarkan oleh tergugat yang berupa Surat Keputusan Gubernur Jawa Timur No : 188/25/KPTS/013/2019 Tentang Pelaksanaan Penangguhan Upah Minimum Kab./Kota di Jawa Timur 2019 tanggal 21 Januari 2019 sebatas hanya yang ditujukan kepada PT. YOUNGTREE INDUSTRIES yang beralamat di Jl. Banar 07/02 Ketimang Wonoayu Kab. Sidoarjo.

d. Menuntut penggugat dan tergugat secara tanggung renteng untuk membayar biaya perkara sebesar Rp. 413.00.

Biro hukum SPKEP KSPI Effendi menjelaskan terkait hasil sidang pembacaan putusan,

Bahwasanya hakim PTUN menegaskan SK penangguhan upah minimum yang selama ini ditetapkan oleh Gubernur Jawa Timur telah melanggar ketentuan KEPMEN NO : 231/2003 Tentang Pelaksanaan Penangguhan Upah Minimum, sehingga Gubernur Jawa Timur harus segera mencabut SK penangguhan NO: 188/25/KPTS/013/2019, Tentang Pelaksanaan Penangguhan Upah Minimum Jawa Timur. Hanya yang ditujukan pada PT. Young Tree Industries,

Itu artinya pimpinan perusahaan PT. Young Tree Industries diwajibkan memberikan upah sesuai upah minimum kabupaten tahun 2019 sejak dibacakannya putusan ini, tandasnya

Ia berharap setelah putusan ini pihak Gubernur lebih bijak dalam memberi keputusan terkait permohonan penangguhan upah minimum agar tidak ada lagi pihak yang dirugikan atas terbitnya keputusan Gubernur dan ada perbaikan upah pekerja di Jawa Timur. (alf)

2 thoughts on “PUK SP KEP-KSPI PT. Young Tree Industries Menangkan Gugatan Melawan Gubernur Jawa Timur”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *